Wednesday, September 4, 2013

Mengucap Kata-Kata Sederhana Selama Liburan di Korea

Bangsa Korea dikenal sebagai negara yang sangat mencitai bahasanya. Mungkin karena itulah, tidak banyak warga korea yang menguasa bahasa inggris. Nah, jika anda berminat berlibur kekorea, tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa kosakata sederhana agar perjalanan wisata anda makin berwarna.
saat liburan kita akan mengunjungi beberapa tempat sekaligus misalnya warung atau rumah makan. Ditempat ini, anada akan sering mendengar kata 맛있게 드세요(masitge deuseyo) artinya "selamat menikmati". Sebelum melahap makanan anda bisa mengatakan잘 먹겠습니다 (jal meokgessseumnida) berarti "saya akan makan dengan nikmat". kalimat senada juga patut diucapkan setelah makan yaitu 잘먹었습니다(jal meogeossseumnida) artinya "terima kasih".


Selain itu ada kalimat-kalimat lain yang lazim diucapkan saat berada ditoko. Pertama menginjakkan kaki ditoko tersebut sang pelayan mungkin akan mengucapkan (eoseo oseyo) alias "selamat datang". selanjutnya ia akan mengatakan (mwol dowa deurikkayo) artinya " apa yang bisa saya bantu". jika semua kebutuhan adan sedah terbeli anda bisa mengucapkan terima kasih. ucapan terima kasih untuk kondisi ini ada dua bentuk. pertama (manhi paseyo) maksudnya(menjualah yang banyak) ucapan terima kasih yang kedua bisa menggunakan kaliamat (sugo haseyo) maksudnya "terima kasih dan selamat bekerja dengan baik."


Nah, selain harus pandai dan sering mengucapkan terimakasih sebagai bentuk penghargaan kita kepada orang lain, anda juga harus minta maad jika membuat kesalahan. dalam bentuk formal ada dua kaliamt yang bisa kita gunakan untuk mengekspresikan permintaan maa. yang pertama adalah (joesonghamnisa) dan yang kedua (mianhamnida). sedangkan secara informanl kalimat maaf bisa diucapkan dengan (mianhae). sebaliknya untuk menjawab maaf kita bisa menggunakan kalimat (gwaenchanseumnida) yang berarti "tidak apa-apa" atau cukup (gwaenchana).


kalimat-kalimat lainnya yang juga harus anda ketahui adalah "selamat, bagi pagi, siang atau malam" dengan menggunakan kata (annyeong haseyo). jika ingin mengucapkan "apa kabar" cukup dengan kalimat "cheo eum beopsemnida). anda juga harus mengetahui kata-kata untuk mengucapkan terima kasih. secara umum "terimakasih" bisa diungkapkan dengan (gamsahamnida) artinya "terimakasih" atau (gomapseumnida). untuk lawan bicara dan keadaan informal anda bisa mengucapkan terimakasih dengan (gomawoyo). jika dengan teman sendiri atau yang usianya sebaya bisa menggunakan (gomaweo) atau cukup (gomapda).


nah, kini anda tidak lai ragu berlibur ke kore bukan?anda bahkan bisa mempraktekkan keahlian anda dengan menggabisakan waktu di beberapa tempat nongkrong seperti Rodeo Street, I'Park Mall dan Sinchon.


No comments:

Post a Comment